Sabtu, 30 Juli 2016

Ini Video Vihara Tanjungbalai Sumut Yang Dibakar Ribuan Oknum Muslim! Share!

Gambar adalah cuplikan, videonya ada di bawah.
transparanjujur.blogspot.com - Kerusuhan yang pecah di Tanjung Balai, Sumatra Utara, membuat beberapa rumah ibadah terbakar. Menurut pejabat setempat, massa terprovokasi oleh berita-berita yang tidak benar, baik di lapangan mau pun di media sosial.

Camat Tanjung Balai Selatan, Pahala Zulfikar, mengatakan kemarahan massa terjadi setelah seorang wanita keturunan Tionghoa memprotes suara azan dan pengajian dari pengeras suara masjid di depan rumahnya.

Sempat dilakukan pengamanan oleh polisi dan massa kembali pulang. Namun tidak lama berselang, gerombolan warga menyerang vihara dan kelenteng. Total ada sembilan rumah ibadah yang dirusak.

Menurut Zulfikar, massa diprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pembakaran dan perusakan. Ditambah lagi, kemarahan warga kian menjadi setelah kasus itu dibumbui isu-isu yang tidak benar di media sosial.

"Informasi di lapangan meluas, muncul provokator. Dikatakan wanita itu melempari masjid, imam diusir, menghentikan solat maghrib, itu semua tidak benar," kata Zulfikar kepada CNN Indonesia, Sabtu (30/7/16).

Pemerintah kota lantas melakukan upaya untuk meredam amuk massa dengan cara menghubungi satu per satu para penyebar isu di media sosial. "Kami minta kepada akun-akun itu agar posting dihapus. Kebetulan kami kenal dengan pemilik akun tersebut," ujar Zulfikar.

Namun massa terlanjur terbakar emosi. Mereka bergerak menghancurkan rumah ibadah umat Buddha. Tiga vihara dan enam kelenteng dibakar dan dirusak massa.

Amukan massa baru berhenti sekitar pukul 4 pagi. Zulfikar mengatakan, polisi telah menangkap para provokator dan penjarah rumah ibadah. Tidak ada yang terluka dalam peristiwa ini.

Saat ini situasi di Tanjung Balai masih mencekam. satuan Brimob yang dibantu Angkatan Laut diturunkan untuk menjaga lokasi.

�Baru kali ini terjadi lagi kerusuhan pasca 98. Tadinya warga rukun, namun gara-gara masalah kecil [jadi timbul kerusuhan],� lanjut Zulfikar.

------------------------------------
 
Sangat disayangkan bahwa ternyata ada oknum yang memprovokasi dengan menyebarkan isu-isu sesat yang tidak baik. Sangat disayangkan juga bahwa ribuan orang bisa dengan mudahnya terprovokasi, kemudian mereka memilih untuk bertindak anarkis dengan mengatasnamakan agama Islam.

Wajar jika Anda benci kepada para oknum muslim yg melakukan kekerasan di video ini. Tapi jangan lah kita menghina agama Islam-nya. Karena sebenarnya mayoritas muslim di Indonesia tidak setuju dengan tindakan kekerasan di Tanjungbalai ini.

Bahkan NU yg merupakan representasi muslim terbesar Indonesia juga mengutuk tindakan kekerasan tersebut. Marah sangat wajar, tapi janganlah kita mengutuk agama Islam-nya. Karena ini jelas ulah dari ribuan oknum jahat yang melakukan kekerasan dengan mengatasnamakan Islam.

Tayangan video berdurasi 3 menit ini sarat akan kekerasan visual, jadi sekali lagi kami ingatkan, jaga emosi Anda dan tetaplah berpikiran jernih.



Link video jika tidak muncul: https://www.youtube.com/watch?v=tr_ZsGF-pf0&t=7


Sumber: cnnindonesia.com & Youtube

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India